Jenis-jenis Jerawat dan Mengatasinya

Jenis-jenis Jerawat dan Mengatasinya - Hallo sahabat Program Sehat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Jenis-jenis Jerawat dan Mengatasinya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel PENGOBATAN, Artikel PERAWATAN WAJAH, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Jenis-jenis Jerawat dan Mengatasinya
link : Jenis-jenis Jerawat dan Mengatasinya

Baca juga


Jenis-jenis Jerawat dan Mengatasinya

Jerawat merupakan jenis penyakit kulit yang biasa ditemukan di semua kalangan, terutama remaja. Penyebabnya antara lain faktor keturunan, ketidakseimbangan hormon, bakteri, tekanan psikologis, dan cuaca. Sudah menjadi rahasia umum bahwa keberadaan jerawat (terutama di wajah) akan sangat berpengaruh terhadap rasa percaya diri. Maka dari itu setiap orang yang berjerawat pasti akan mati-matian berusaha agar makhluk bernama jerawat itu dapat segera dienyahkan dari wajah ataupun bagian tubuh lainnya.


Jenis-jenis Jerawat dan Mengatasinya


Jenis-jenis Jerawat



Berikut merupakan berbagai tipe atau jenis jerawat:

Komedo
Komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Jerawat biasa
Jenis jerawat ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembab, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.


Jerawat Batu (Cystic acne)
Cystic acne adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini.

Secara genetik penderitanya memiliki:
1. Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak.
2. Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal.
3. Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.

Secara umum, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit kita yaitu; hormon, produksi minyak berlebih, sel-sel kulit mati, dan bakteri.

Umumnya, jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat diproduksi hormon androgen. Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah sebum yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih.

Banyak yang beranggapan, bahwa jerawat hanya menyerang muka, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas. Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p.acne, yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat batu, jenis yang paling mungkin meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.


Cara Menghilangkan Jerawat Batu


Ada sebuah metode ‘’Face Mapping’’ yang menjabarkan hal-hal yang dapat diidentifikasi dari jerawat kita. Metode ini menyebutkan bahwa kulit wajah kita merefleksikan kesehatan tubuh. Metode ini membagi kulit wajah kita ke dalam zona-zona tertentu yang mengindikasikan kesehatan organ dalam kita. Biasanya apabila jerawat timbul pada dahi kita, hal tersebut disebabkan karena pencernaan dan konsumsi air. Tubuh mengalami kesulitan dalam mencerna makanan, mungkin disebabkan karena penimbunan racun. Sehingga dapat disimpulkan kita harus memakan lebih banyak sayuran dan buah-buahan dan juga mengkonsumsi lebih banyak air untuk menetralkan racun dalam tubuh.

Faktor lain mungkin dapat disebabkan karena kebersihan, misalnya saja, topi yang kotor atau rambut kotor yang mengenai bagian dahi. Area di antara kedua alis kita terhubung ke hati. Apabila pada daerah tersebut timbul jerawat, maka dapat diasumsikan mungkin kita mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung banyak minyak, krim, atau telur.

Dapat pula disebabkan karena terlalu sering makan larut malam. Jerawat yang timbul di bagian pipi dapat disebabkan oleh faktor paru-paru. Mungkin disebabkan karena kita terlalu banyak merokok, asma, kerusakan kapiler, dan juga polusi. Faktor lain yang mengakibatkan pipi kita berjerawat bisa berasal dari bantal yang kita pakai saat tidur, telepon, dsb. Bila barang-barang tersebut kotor, pipi kita pun ikut kotor dan timbullah jerawat. Selain itu ada juga bagian hidung yang mengindikasikan kesehatan jantung. Hidung yang bengkak dan merah mengindikasikan tekanan darah yang tinggi.

Apabila jerawat timbul di daerah telinga, hal tersebut bisa disebabkan karena kurangnya konsumsi air serta terlalu banyak konsumsi garam dan kafein. Jerawat yang timbul di pinggir dagu biasanya mengindikasikan situasi hormonal yang tidak stabil. Dapat pula disebabkan karena stress dan kurang tidur. Sedangkan jerawat yang timbul di daerah dagu disebabkan karena pencernaan yang kurang baik.

Terakhir adalah daerah dada, di mana jerawat yang timbul di sana dapat disebabkan karena stress, cuaca cukup mempengaruhi daerah tersebut. Juga jenis kain baju yang kita pakai. Solusi untuk mengatasi jerawat sangat banyak dan bermacam-macam. Namun hal yang paling penting dan praktis yang perlu kita ingat adalah gaya hidup sehat. Mulailah dengan meminum delapan gelas air per hari karena air merupakan kebutuhan yang sangat esensial dan tidak tergantikan bagi tubuh dan kulit kita. Air adalah pembersih racun bagi tubuh kita. Air jugalah yang membersihkan tubuh kita baik dari luar maupun dari dalam.

Cobalah untuk mengganti minuman ringan yang biasa kita minum dengan air putih karena air putih merupakan kunci hidrasi dan sangat penting bagi kita untuk selalu menghidrasi kulit karena kulit yang tidak dihidrasi akan rusak. Berikutnya adalah tidur cukup karena pada saat tidur kulit kita meregenerasi dirinya. Selain itu tidur cukup akan menurunkan tingkat stress sehingga pada saat yang sama menstabilkan situasi hormon sehingga mengurangi kemungkinan masalah kulit. Selain itu kebersihan sangatlah penting.

Cobalah biasakan untuk mencuci muka setiap pagi dan malam untuk menghilangkan kotoran dan minyak. Gantilah sprei bantal secara rutin karena kotoran pada sprei dapat mengotori wajah dan berakibat pada timbulnya jerawat. Sebelum menyentuh wajah, pastikan bahwa tangan kita bersih dan usahakan untuk tidak sering menyentuh wajah karena tangan kita mengandung banyak bakteri dan kotoran. Biasakan pula berolahraga karena olahraga meningkatkan sirkulasi darah dan hal tersebut sangat baik untuk kulit dan menurunkan kadar stress sehingga ikut mengurangi probabilitas timbulnya jerawat.

Namun jangan lupa untuk membersihkan wajah setelah berolahraga karena keringat mengandung banyak minyak dan kotoran. Kemudian yang perlu diperhatikan adalah makanan yang kita konsumsi. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak antioksidan serta kurangilah makanan yang mengandung terlalu banyak lemak. Selain gaya hidup sehat kita juga perlu merawat kulit wajah. Salah satu hal yang cukup penting adalah pelembab. Sangat penting bagi kita untuk melembabkan kulit, bahkan apabila kulit kita berminyak. Pemikiran orang pada umumnya adalah jika kulit sudah berminyak dan kita oleskan pelembab lagi, maka kulit akan semakin berminyak. Namun tanggapan tersebut salah. Jika kita hanya membersihkan tanpa melembabkan, kulit akan kering dan sebagai kompensasi, kulit akan memproduksi lebih banyak minyak.

Dalam memilih produk, terlebih dahulu kita harus mengidentifikasi jenis kulit wajah kita apakah itu berminyak, kombinasi, normal, atau kulit kering karena perbedaan jenis kulit membutuhkan perawatan yang berbeda pula dan perawatan yang salah mengakibatkan masalah pada kulit.

Gunakanlah produk yang cocok dengan kulit kita. Dapat pula dibantu dengan menggunakan masker dan scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Produk-produk kecantikan dapat membantu kita dalam merawat kulit, namun jangan terlalu mengandalkan hal tersebut karena kulit juga sangat dipengaruhi oleh gaya hidup kita. Bersabarlah dan jangan mengharapkan hasil yang instan karena pemulihan kulit membutuhkan proses. Apabila sudah mencoba semua cara di atas namun masih memiliki masalah dengan jerawat, hubungilah dermatologis dan konsultasikan masalah anda.

Baca Juga Mengatasi flek hitam pada Wajah

Tips mengatasi jerawat yang terakhir bagi kita semua:
Jerawat adalah hal yang normal dan bukan merupakan suatu aib yang memalukan. Janganlah jerawat sampai menjadi batu sandungan dalam menjalani hidup, terutama bagi kita yang masih remaja ini. Berpikirlah positif dan percayalah bahwa kita semua bisa mengatasi jerawat dan memiliki kulit yang sehat.


Bagi anda yang ngin mengatasi berbagai macam jerawat kami merekomendasikan produk yang sangat bagus dan sudah terbukti dapat mengatasi jerawat hanya dalam waktu singkat, yaitu menggunakan florin skin.

florin skin cream untuk mengatasi jerawat sekaligus mencerahkan wajah
Florin Skin
Manfaatnya Florin antara lain: 

- Menghilangkan jerawat
- Menyamarkan dan menghilangkan flek-flek di wajah dan pigmentasi/warna
- Menghilangkan noda bekas jerawat
- Memutihkan kulit
- Memperbaiki kulit kusam
- Mencerahkanwarna kulit
- Mengecilkan pori2
- Membuat kulit tampak bercahaya
- Meremajakan kulit
- Mengencangkan kulit, sehingga tampak lebih muda

Untuk info lebih lengkap tentang produk dan pemesanan silahkan klik gambar atau bisa klik disini


Demikianlah Artikel Jenis-jenis Jerawat dan Mengatasinya

Sekianlah artikel Jenis-jenis Jerawat dan Mengatasinya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Jenis-jenis Jerawat dan Mengatasinya dengan alamat link https://tolakviruss.blogspot.com/2014/02/jenis-jenis-jerawat-dan-mengatasinya.html

0 Response to "Jenis-jenis Jerawat dan Mengatasinya"

Post a Comment