Cara Meningkatkan Kesuburan Bagi Pria

Cara Meningkatkan Kesuburan Bagi Pria - Hallo sahabat Program Sehat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Meningkatkan Kesuburan Bagi Pria, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel GAYA HIDUP, Artikel PERAWATAN, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Meningkatkan Kesuburan Bagi Pria
link : Cara Meningkatkan Kesuburan Bagi Pria

Baca juga


Cara Meningkatkan Kesuburan Bagi Pria

Kehadiran seorang anak dalam sebuah keluarga tentu menjadi kebahagiaan setiap pasangan. Tanpa tangis dan tawa anak, terasa kurang lengkap dalam kehidupan keluarga. Namun pada kenyataan tidak semua suami dan istri dikaruniai anak. Salah satu penyebabnya adalah kesuburan.

Pasangan suami istri belum punya keturunan dapat menimbulkan berbagai masalah. Biasanya pihak wanita selalu disalahkan. Wanita yang selalu dianggap tidak subur, atau tidak bisa memberikan keturunan kepada suami. Bahkan ada suami yang akhirnya menceraikan istrinya, padahal mereka belum memeriksa diri ke dokter, siapa yang sebenarnya tidak sehat.

Memang secara fisik tidak membahayakan bagi setiap pasangan, akan tetapi secara psikis masalah ini sangat
berpengaruh terhadap kejiwaan seseorang. Bukan hanya itu, tuntutan orang tua, mertua, keluarga, teman dan lingkungan, sering membuat pasangan jadi tertekan, khususnya si istri. Bahkan ada yang sampai tidak percaya diri lagi.

Bukan hanya istri yang selalu mandul, tetapi suamipun bisa mandul. Di bawah ini disajikan beberapa hal yang
menyebabkan suami tidak punya keturunan:

a. Adanya kelainan pada daerah pre testicular (daerah sebelum testis atau kantong sperma). Di daerah ini yang mengalami kelainan adalah kelenjar hormon pituitary. Tugas kelenjar hormon tersebut adalah untuk merangsang pembentukan sperma. Bila kelenjar yang merangsang pembentukan hormon LH (Luteinising hormone) dan FSH (Follicle Stimulating hormon) di testis terganggu akibatnya pembentukan sperma terhambat.

Jika suami mengalami penyakit seperti ini sebaiknya jangan langsung menganggap dunia telah kiamat. Penyakit seperti ini masih bisa disembuhkan. Orang yang mengalami penyakit seperti ini harus melakukan terapi hormon, dengan cara menyuntikkan hormon tertentu kepada penderita

b. Adanya kelainan di daerah testicular (kelainan pada daerah testis). Kelainan seperti ini biasanya disebabkan oleh:
- Trauma pukulan
- Gangguan fisik
- Disebabkan infeksi
- Bisa juga akibat selama pubertas testis tidak berkembang dengan baik, akibatnya produksi sperma terganggu.

c. Adanya kelainan di daerah post testicular (daerah setelah testis). Kelainan terjadi pada saluran sperma, akibatnya sperma yang akan disalurkan tidak berjalan lancar. 

Timbulnya gangguan seperti ini akibat kebuntuan saluran.  Kelainan ini timbul bisa disebabkan:
-   Dibawa sejak lahir
-   Terkena infeksi penyakit, misalnya tuberkulosis dan vasektomi yang memang disengaja.

Selain dari ketiga penyebab ini, masih banyak penyebab lain yang belum bisa dideteksi penyebabnya. Tetapi, jelas yang paling banyak penyebabnya adalah akibat pelebaran pembuluh darah atau yang lebih dikenal sebagai varises. Varises menyebabkan darah kotor yang seharusnya dibawa ke atas untuk dibersihkan, akhimya turun lagi dan mengendap di testis.

Darah kotor tersebut mengandung zat-zat yang dapat melemahkan sperma, seperti adrenalin dan sebagainya. Suhu panas juga dapat mengganggu sehingga melemahkan sperma dan menurunkan produksinya. Biasanya sperma diproduksi dalam suhu 34-35% celsius, dan jika suhu terus menerus naik maka sperma dapat terganggu.

Belakangan ini semakin banyak kita mendengar pasangan suami istri yang mengeluh tentang sulitnya mereka
mendapatkan keturunan. Mungkin zaman dulu karena komunikasi belum secanggih sekarang jarang kita dengar pasangan suami istri sulit punya anak. Tetapi saat ini karena canggihnya teknologi komunikasi, baik media cetak maupun media elektronik, berita-berita apapun mudah kita ketahui.

Beberapa tempat praktek dokter kandungan banyak sekali dikunjungi pasangan suami istri yang telah lama menikah tetapi belum dikaruniai anak. Di antara pasangan tersebut ada yang telah 15 tahun berumah tangga tetapi belum juga mendapat momongan.

Dari jumlah pasangan yang belum mendapat keturunan tersebut, banyak yang mempunyai kendala yang berkaitan dengan hubungan suami istri. Tetapi ada juga pasangan yang dinyatakan dokter sama-sama sehat, dan tidak ditemukan kendala apapun, tetapi mereka juga belum diberi keturunan.


Cara Meningkatkan Kesuburan Bagi Pria

Terapi Mutakhir Kemandulan Pria

Kemandulan pada pasangan suami istri, sebesar 40% ada pada pihak pria, sehingga perlu penanganan dengan proses bayi tabung (In Vitro Fertilization/IVF).

Makanan Untuk Kesuburan
Salah satu faktor yang ikut berperan untuk pasangan yang sulit mempunyai keturunan adalah faktor makanan. Empat kelompok makanan di bawah ini penting diketahui oleh pasangan yang sulit mendapatkan keturunan, karena ke empat kelompok ini ikut mempengaruhi kesuburan pasangan suami istri.

Keempat kelompok itu adalah:
A. Daging dan Alternatifnya
a. Daging b. Unggas c. Ikan d. Telur
e. Kacang-kacangan seperti biji bunga matahari dan labu.

B. Buah dan Sayuran
Dianjurkan yang masih mentah. Dianjurkan mengkonsumsi buah dan sayuran yang masih segar dari pada yang telah
dibekukan.

Tetapi penting diketahui bahwa makanan beku masih lebih
baik dari makanan yang telah dikalengkan, misalnya:
a. Jus buah
b. Jus sayuran
c. Buah kering
d. Kismis
 e.Kurma
 f. Buah ara

C. Susu dan Produk Olahannya
Yogurt termasuk salah satu produk olahan dari susu, maka harus dipilih makanan yang alami dan tanpa gula. Keju juga merupakan salah satu olahan, untuk itu keju olahan harus dihindari termasuk keju oles karena telah bercampur dengan bahan lainnya.

D. Roti dan Sereal
Pilihlah makanan yang belum diolah seperti:
a. Roti
b. Bubur
c. Makanan kering
d. Biji-bijian
e. Gandum
f. S paged
g. Beras merah

Dari keempat kelompok makanan ini, pilihlah yang belum disuling seperti roti, nasi, sereal, krispi, biji-bijian, dan jangan lupa sayuran yang segar. Hal ini sebenarnya sudah diketahui banyak kalangan, akan tetapi belum dilaksanakan. Semua orang tahu bahwa telur merupakan makanan yang paling bergizi. Telur adalah benih anak ayam yang belum jadi, dengan demikian di dalam telur tersebut telah terkandung nutrisi bagi peitumbuhan anak ayam. Nutrisi yang ada di telur tersebut sama dengan zat yang diperlukan dalam menambah kesuburan manusia.

Kacang-kacangan dan biji-bijian sama bagusnya untuk peitumbuhan manusia. Tetapi harus diingat bahwa kacang kering lebih bagus dari kacang beku, dan kacang beku lebih bagus dari kacang kaleng.

Bagi yang bukan vegetarian dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan minimal sekali seminggu. Ikan sama bergizinya, tak usah memilih-milih. Ikan mahal seperti salmon sama bergizinya dengan ikan tuna misalnya.
Bagi yang menginginkan kesuburan maka vitamin B harus dikonsumsi. Kekurangan asam folic, B6 dan B12 akan berpengaruh terhadap kesuburan. Penting diketahui wanita yang menderita anemia kesuburannya berkurang, untuk itu dianjurkan memakan suplemen zat besi agar dapat mengembalikan fertilitas.

Makanan yang harus dihindari:
a. Makanan olahan, seperti keju olahan dan makanan yang mengandung bahan-bahan tiruan
b. Makanan beku
c. Makanan kemasan
d. Makanan kaleng

Jika masih mengkonsumsi makanan kaleng sebaiknya konsumsi sedikit mungkin, itupun jika hanya dalam keadaan darurat saja. Makanan kaleng yang sedikit perubahan kandungan gizinya akibat proses pengalengan adalah ikan tuna, sardine, tomat dan nanas.

Demikian juga, batasi menggunakan sayuran kaleng, snack asin kacang, minyak terhidrogenasi, roti putih, tepung putih. Jangan banyak memakan makanan yang terbuat dari tepung,seperti kue dan biskuit pudding instan serta sereal manis. Dianjurkan juga susu kaleng jangan dikonsumsi, sebaiknya konsumsilah susu murni.

Buah arbei tidak mengandung hormon, akan tetapi makanan ini sangat dikenal untuk menambah kesuburan. Buah ini merangsang pertumbuhan kelenjar di bawah otak yang memproduksi hormon progesterone selama minggu kedua siklus haid. Sebenamya untuk menambah hormon tersedia krim progesterone alami yang terbuat dari sari ubi rambat untuk digunakan ke kemaluan wanita. Krim ini bisa membantu jika hormon menurun pada minggu kedua siklus haid. Krim digunakan 12 hari sebelum menstruasi sebanyak seperempat sendok teh, sebaiknya didiskusikan dengan dokter.

Satu lagi yang harus dihindari adalah kafein. Zat ini menyebabkan berkurangnya kesuburan wanita. Sebuah
penelitian di Amerika Serikat menyatakan bahwa wanita yang minum kopi empat gelas per hari akan mengalami penurunan fertilitas.

Kafein mengurangi kandungan darah dalam hormon prolaktin. Rendahnya hormon prolaktin berasosiasi dengan rendahnya fertilitas. Sebaliknya, jika hormon terlalu tinggi kadamya juga kurang baik. Tingginya honnon prolaktin dipengamhi konsumsi alkohol berlebihan sehingga siklus haid terganggu.Jika ingin diet menambah kesuburan, sama halnya dengan diet pada umumnya yaitu, lemak rendah, protein cukup,banyak makan sayuran dan buah serta makan nasi.

Yang harus dihindari adalah mengkonsumsi kopi, alkohol,rokok, hindari stres, pilih waktu hamil yang tepat, dan lakukan olah raga yang teratur. Jika hal ini dilakukan,kemungkinan hadimya buah hati yang diidam-idamkan akan segera terkabul.

Usia Mempengaruhi Kesuburan

Usia wanita selalu dikaitkan dengan kesuburan. Dulu, menurut para peneliti usia, wanita mulai menurun kesuburannya pada usia 35 tahun. Tetapi temuan terbaru menunjukkan bahwa wanita mulai menurun kesuburannya pada usia 27 tahun. Kita tahu dengan makin berkembangnya kemajuan di dunia ini, maka wanitapun ikut berkarier sehingga banyak dari mereka mengutamakan karier dulu barn kemudian memiliki buah hati. Untuk itu banyak dari kalangan ini mencari cara alami untuk memperpanjang kesuburan.

Di bawah ini beberapa cara diet dan gaya hidup dari para ahli untuk membantu wanita menyelamatkan kesuburan:
a. Memperhatikan makanan
Jika anda mengalami kekurangan vitamin dan mineral, maka anda akan melakukan program menambah makanan suplemen untuk meningkatkan nutrisi kembali ke normal selama periode empat bulan. Makanan yang dianjurkan adalah telor, susu, seafood dan lemak rendah, sayuran dan biji-bijian yang baik untuk kesehatan.

b. Makan cukup suplemen
Harus diketahui bahwa makanan tidak selalu me-ngandung cukup nutrisi, unluk itu suatu diet yang dianggap seimbang belum tentu cukup. Untuk menambah nutrisi, maka ditambah suplemen dari luar makanan.

c. Dianjurkan membaca label dan tinggalkan lemak yang tidak baik.
Orang sering menganggap bahwa lemak selalu tidak baik,  padahal lemak juga dibutuhkan oleh tubuh. Lemak jenuh seperti omega 3 dan minyak omega 6 yang banyak terdapat dalam minyak ikan seperti ikan sarden, mackerel dan salmon sangat dibutuhkan oleh tubuh.

d. Berat badan dan kesuburan
Orang yang terlalu kurus tidak baik untuk kesuburan,demikian juga sebaliknya orang yang gemuk juga tidak baik untuk kesuburan. Tetapi penting diingat bahwa lemak juga penting untuk kesuburan dan pembuahan.
Lemak yang berlebihan akan menyebab-kan terganggunya fungsi organ reproduksi dan mengacaukan siklus haid sehingga memperkecil kemungkinan untuk hamil. Untuk itu dianjurkan berolahraga secara teratur dan untuk selanjutnya tanyalah dokter anda.

e. Harus berhenti merokok
Merokok menyebabkan tingginya cadmium, yaitu racun dalam darah yang dapat merusak seng dalam tubuh. Merokok juga dapat mempercepat wanita menopause dan meningkatkan risiko ketidaksuburan, sedangkan untuk pria akan mengurangi jumlah sperma. Beberapa sumber mengatakan bahwa zat berbahaya yang terkandung di dalamnya bisa merusak serviks dan saluran indung telur yang menimbulkan aborsi spontan. Bahkan melalui bayi tabungpun sangat tipis kemungkinan untuk berhasil.

f. Mengurangi alkohol dan kafein
Sebuah penelitian menyimpulkan, bahwa wanita yang minum alkohol 5 gelas per minggu, maka kemungkinan 50% mengalami kegagalan kehamilan dalam enam bulan dibanding dengan wanita yang minum hanya satu gelas dalam seminggu.

Demikian juga dengan yang mengkonsumsi kafein. Hal ini terjadi karena zat-zat yang ada di alkohol dan kafein dapat mempengaruhi kesehatan secara umum, bahkan menyebabkan perempuan mengalami gangguan haid yang menjurus ke gangguan kesuburan.

Jika terjadi kehamilanpun maka risiko berikutnya akan muncul dalam perkembangan si janin dan kesehatan si
ibupun akan ikut merosot. Kandungan alkohol akan turun pada si janin, selain akan terjadi keguguran juga akan mengakibatkan sindrom alkohol janin atau cacat lahir akibat dampak alkohol.

g. Berlibur dan stres
Stres adalah salah satu penyebab kegagalan kehamilan.Untuk itu, dianjurkan untuk berlibur agar lebih santai. Juga alternatif untuk melakukan yoga, refleksi dan akupuntur dapat mencapai emosi yang diinginkan dan membuat wanita tidak stres. Dengan mengkonsumsi makanan sehat disertai pola makanan teratur, istirahat cukup serta meminimalkan stres akan membantu produksi hormon dan mengoptimalkan fungsi sistem reproduksi.

h. Seksualitas yang lebih baik
Dari semua makanan yang nutrisinya sangat baik, tidak akan ada manfaatnya jika tidak diikuti dengan seksualitas yang baik. Seksualitas yang baik bukan yang dilakukan setiap hari, tetapi dilakukan setiap 48 jam sekali agar menjaga kualitas sperma.

i. Mengatasi kesuburan dengan OC Plus
Stres dan gaya hidup yang tidak sehat, menyebab-kan wanita sering mengalami ketidakseimbangan hormon berupa peningkatan kadar hormon androgen atau disebut juga hiperandrogen, yang dalam jangka panjang akan menimbulkan masalah dalam reproduksi. Gejala yang timbul adalah mengalami hiperandrogen, di antaranya mengalami gangguan siklus mentruasi yang akhirnya menyebabkan infertilitas.


Tips Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

Baru-baru ini muncul sebuah temuan yang dilakukan peneliti kesehatan yang mengatakan bahwa rata-rata sperma pria mengalami penurunan sekitar 50% dalam waktu 50 tahun dan terus berkurang rata-rata dua person setahun.

Hal ini timbul karena faktor gaya hidup yang mengakibat-kan stres, diet yang miskin nutrisi, dan yang terakhir adalah faktor lingkungan.

Di bawah ini disajikan tujuh butir petunjuk untuk meningkatkan kesuburan pria:
a. Memakai celana longgar. 
Diharapkan testis tetap dijaga agar selalu sejuk, dengan demikian sperma akan terjaga dan sehat. Sebaiknya tidak memakai celana jin atau celana ketat,supaya temperatur di sekitar testis tidak menurunkan produksi sperma.

Di Universitas Milan, Italia, dilakukan sebuah penelitian yang hasilnya menyatakan bahwa pria yang memakai celana ketat hampir dua kali lipat mengalami masalah dari pada pria yang memakai celana longgar.
Karena yang memakai celana longgar selalu terjaga testisnya dalam keadaan sejuk sehingga produksi spermanya meningkat.

b. Dianjurkan makan makanan yang mengandung seng.
Zat seng adalah zat yang terlibat dalam proses memproduksi sperma serta punya peranan mengaktifkan sperma. Menurut ahli gizi, minum zat seng 15 mg per hari dapat membantu memperbaiki kerusakan sperma akibat zat kimia yang berbahaya yang terserap dari alam.

Zat seng dapat ditemukan dari:
- Seafood
- Daging merah
- Semua jenis biji-bijian
- Kacang-kacangan
- Keju

Dalam mengkonsumsi zat seng juga dianjurkan oleh para ahli gizi agar jangan memakannya lebih dari 30 mg per hari.


c. Berhenti Merokok.
 Para peneliti mengatakan bahwa rokok dapat memsak sperma, membuatnya malas dan mempengaruhi kemampuan untuk mencapai sel telur. Rokok dapat juga merubah DNA, sperma akibatnya menjadikan
janin cacat.

d. Berhenti Minum Alkohol.
Alkohol dapat mem-pengaiiihi produksi sperma, sehingga sperma tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

e. Dianjurkan minum banyak air. Minum air bersih sangat penting untuk menjaga kesuburan pria. Dianjurkan antara setengah liter sampai satu liter per hari. Tetapi penting diperhatikan air ledeng ada yang mengandung hormon perempuan oestrigen, ini mimgkin berasal dari oestrigen yang ada di dalam alam, dan ini harus diwaspadai.

Sedangkan kafein yang ada dalam kopi dan cola dapat menurunkan produksi sperma serta meningkatkan stres.

f. Memikirkan menjadi seorang ayah.
 Peneliti di Portugal telah melakukan penelitian, bahwa seorang calon ayah dapat terkabul keinginannya punya bayi, jika ia memikirkannya. Pria yang memikirkannya akan memiliki koordinasi seks yang lebih baik dengan pasangannya selama tingkat testosteron puncak di-banding pria yang tidak memikirkannya. Tingkat testosteron yang tinggi dapat membantu meningkatkan produksi sperma dan memperbaiki kesehatan sperma.

g. Beralih ke organik. Petani yang memakai peptisida dalam pertaniannya dapat mengalami kegagalan dalam kesuburan. Hal ini juga dapat menycbar ke masyarakat lain yang memproduksi hasil pertanian tadi. Untuk membatasi resiko disarankan agar pria mencuci sayuran atau buah yang akan dikonsumsi.



Demikian artikel mengenai Cara Meningkatkan Kesuburan Bagi Pria. Semoga Bermanfaat.


Demikianlah Artikel Cara Meningkatkan Kesuburan Bagi Pria

Sekianlah artikel Cara Meningkatkan Kesuburan Bagi Pria kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Meningkatkan Kesuburan Bagi Pria dengan alamat link https://tolakviruss.blogspot.com/2014/01/cara-meningkatkan-kesuburan-bagi-pria.html

0 Response to "Cara Meningkatkan Kesuburan Bagi Pria"

Post a Comment